Mengulik Sejarah Bakpia, Kue Asli China yang 「Baccarat card type」Kini Jadi Oleh

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:Jaringan perjudian malaysia

SelBaccarat card typeain membuaBaccarat card typet isiannya lebih lembut, hal ini juBaccarat card typega dapat membuat bakpia tahan lama. 

"Kalau keBaccarat card typering manggangnya lebih lama, apinya juga lebih panas, dan sering dibolak-balik tiap berapa menit biar tidak gosong," kata Ahmad.

Baca juga: 3 Cara Membuat Isi Bakpia agar Lembut dan Tidak Kering

Varian rasa bakpia mulanya hanya kacang hijau, tetapi kini isian tersebut mulai dikreasikan. Bahkan terdapat pula bakpia keju, bakpia durian, maupun bakpia green tea.

Sevi menuturkan bahwa sebaiknya isi bakpia juga dimasak terlebih dulu. Proses memasak bisa dilakukan hingga empat jam atau sampai pulen. 

"Biasanya bakpia cuma pakai pan terus ditutup gitu, kan? Nah itu bikin tidak awet karena panasnya tidak optioma dan sebenarnya untuk produksi itu boros. Kalau pakai pan itu kan, apinya kemana-mana, jadi dia lebih banyak makan gas juga," jelas Sevi. 

Kebanyakan bakpia di Yogyakarta memakai angka pada mereknya, misalnya saja Bakpia 25, Bakpia 75, atau Bakpia 35.

Isi bakpia tradisional biasanya hanya dicampur saja alias tidak dimasak. Hal inilah yang lantas membuat bakpia cepat basi dan berjamur. 

Selain itu penggunaan api atau suhunya pun lebih besar. 

Proses pembuatan bakpia tradisional menggunakan wajan besar yang dipanaskan di atas gas. Cara ini dapat membuat kulit bakpia lebih lembut dan lembap. 

"Kalau di saya, pakai oven gas gitu. Apinya juga di dalamnya, terus atasnya ruangan panggangnya. Nah ini jauh lebih efisien dari segi bahan bakar," tambahnya. 

Baca juga: Kenapa Merek Bakpia Identik dengan Angka?

Ilustrasi bakpia pathok.

Baca juga: Cara Panggang Bakpia agar Tidak Gosong dan Matang Merata

Ada dua jenis bakpia yang umum dijual, yakni bakpia basah dan kering. Kedua bakpia ini memiliki berbeda dari segi tekstur kulit dan masa simpannya. 

Proses pembuatan bakpia basah dan bakpia kering juga berbeda. Menurut Ahmad, pembuatan bakpia kering umumnya lebih lama.

Untuk masa simpannya sendiri, bakpia basah sekitar empat sampai lima hari. Sementara, bakpia kering bisa sampai 10 hari.

Bakpia basah umumnya memiliki kulit yang lembap dan lembut, sedangkan bakpia kering teksturnya lebih renyah dan garing. 

Menurut Yusnia Seviastuti, pemilik Bakpia Citra Premium, penggunaan oven gas ini lebih efisien daripada pan tradisional. 

Baca juga: 10 Aneka Varian Rasa Bakpia, dari Kacang Hijau hingga Durian

Selain dari segi rasa, jenis bakpianya pun semakin berkembang. Jika dulu hanya bakpia kering dan basah, kini ada pula bakpia kukus yang lebih lembut. 

Baca juga: Apa Bedanya Bakpia Basah dan Bakpia Kering?

"Itu sebenarnya kebanyakan nomor rumah atau nomor jalan," jelas Ahmad kepada Kompas.com.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Sementara itu, sekarang mulai banyak usaha bakpia yang membuatnya memakai oven gas.

Menurut penuturan Ahmad, angka tersebut sebetulnya merujuk pada nomor rumah atau nomor jalan.